Bertunangan atau Langsung Menikah ?

Bertunangan atau Langsung Menikah ?
Banyak hal yang perlu anda disiapkan dan dipertimbangkan dalam beberapa fakto sebelum anda memutuskan ke pernikahan, salah satunya adalah kesiapan diri anda dan calon suami dalam membangun rumah tangga. Saat ini beberapa pasangan biasanya mengakhiri hubungan pacaran dengan pertunangan. Padahal banyak sekali  yang memilih untuk langsung menikah tanpa melalui masa pertunangan tersebut. Jadi, sebaiknya bagaimana anda melakukan pertunangan terlebih dahulu atau kah anda langsung akad nikah?
Nah saat ini sebelum anda mengambil keputusan tersebut, coba simak beberapa pertimbangan berikut ini:

1. Karir
Diskusikan dengan calon pasangan anda dalam pencapaian karir apa yang ingin anda capai. Karena biasanya setelah anda sudah menikah, wanita yang bekerja di luar rumah sebisa mungkin harus mampu membagi waktunya dengan baik untuk suami anda bahkan sebaliknya, terutama wanita untuk mengurus rumah tangga dan pekerjaan. Tidak sedikit juga suami yang menginginkan istrinya berkarir di rumah sebagai ibu rumah tangga saja begitu penjelasannya.
Jika anda dan calon anda sudah sepakat dalam hal tersebut untuk saling mendukung karir masing-masing, maka masa pertunangan bisa menjadi kesempatan anda berdua untuk mencapai puncak karir yang anda impikan sebelum nantinya anda disibukkan dengan urusan rumah tangga.

2. Memantapkan hati
Bagi anda yang saat ini masih belum lama dengan pasangan anda terutama dalam menjalani hubungan, mungkin anda perlu cukup waktu untuk memantapkan hati sebelum terikat dalam pernikahan. Nah, kalau memang sudah serius dan sudah sama sama yakin, anda dan pasangan anda  bisa bertunangan dulu setidaknya selama 12 bulan. Sementara untuk yang sudah cukup lama berpacaran, masa pertunangan anda bisa lebih singkat.
Di masa pertunangan itu, anda dan pasangan bisa lebih intim merencanakan masa depan berdua, lebih saling percaya dan pengertian, sekaligus belajar mengendalikan ego masing-masing. Meskipun pertunangan bukan hal sepele, namun anda tak perlu cemas atau takut kalau ikatan pertunangan harus berakhir. Ini lebih baik daripada terjadi banyak pertengakaran setelah menikah, terlebih jika ikatan pernikahan anda yang dikorbankan.

3. Konseling pra-nikah
Saat ini juga Seringkali masa pertunangan dimanfaatkan untuk menjalani sesi bimbingan konseling pra-nikah. Konseling semacam ini sangat membantu anda dan pasangan anda dalam mempersiapkan diri menghadapi status dan tanggung jawab baru sebagai suami istri serta mendapatkan gambaran kehidupan pernikahan nantinya.
Seperti disebutkan dalam situs www.twoofus.org, pasangan yang mengikuti sesi konseling pranikah lebih mampu mempertahankan pernikahannya daripada mereka yang tidak melakukan konseling sebelum menikah.

4. Lama pertunangan
Selanjutnya adalah berapa lama masa tunangan anda dan calon suami. Bukan hanya pernikahannya saja yang perlu diperhitungkan, lama pertunangan pun seharusnya direncanakan dengan sangat matang, contohnya, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan segala hal menjelang pernikahan.
Penulis buku, Barton Goldsmith, Ph.D, dan pakar pernikahan, Paul Coleman, di laman situs www.cosmopolitan.com, mengungkapkan bahwa masa pertunangan yang terlalu lama, misalnya lebih dari 18 bulan, biasanya akan menyurutkan minat seseorang untuk menikah. perniakah adalah simbol kebahagian jangan sampai anda tidak yakin dan tidak serius dengan pasangan anda sehingga ketika sudah menikah menjadi beban dan menyesali nantinya.

Kebanyakan orang memag lebih bertunangan dari pada langsung menikah tapi tidak kalah juga masih banyak orang lebih baik menikah dari pada bertunangan, dikarenakan budget waktu pun bisa menjadi faktornya. biasanya memang bertunangan itu harus ada pengeluaran yang cukup, dikarenakan ada nya mempersiapkan makanan untuk keluarga pasangan, di sisi lain harus mempersiapkan tampilan baru, dari sisi baju dan lain lainnya, tidak alah juga anda harus mengundang keluarga dalam proses pertunangan tersebut, pastinya masih banyak pengeluaran yang harus anda keluakan.

Jika proses pernikahan anda ingin terkenang, tips memilih pertunangan terlebih dahulu lebih baik, tidak hanya itu, kekeluargaan pasangan anda pun bisa lebih dekat dengan keluarga anda, di sisi lain mereka memperkanalkan keluarga baru ke pada anda yang dulu nya anda tidak tahu siapa mereka, saat itulah anda bisa bersilaturahmi dengan keluarga pasangan anda

Semoga Bermanfaat
Share on Google Plus

About Ya Cinta

www.yacinta,com merupakah salah satu website/situs yang membicarakan tentang RelationShip,Wedding dan Healthy

    ID Comment
    Facebook Comment